Sabtu, 09 November 2013

LAPORAN PANITIA PELAKSANA PERAYAAN TAHUN BARU ISLAM 1435 H PERUMAHAN TAMAN TELKOMAS MAKASSAR


Kata Pengantar

Puji dan syukur kepada Allah SWT karena atas perkenan-Nya jualah akhirnya Panitia Pelaksana Perayaan Tahun Baru Islam 1435 H Perumahan Telkomas Makassar dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan perayaan Tahun Baru Islam 1435 H dengan sukses. Sholawat dan taslim atas junjungan nabiyullah Muhammad SAW, kepada seluruh keluarga, kerabat, para sahabat dan       pengikut-pengikutnya, semoga kita senantiasa mampu menjadikan hijrah Rasulullah SAW sebagai momentum untuk melakukan perubahan dalam kehidupan keberagamaan kita, mampu mengambil ibrah dari proses hijrahnya Rasulullah lalu menjadikannya suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadikan kita semua orang-orang muttaqin yang senantiasa berdiri di atas kebenaran Al Quran dan Sunnah Rasulullah sampai akhir jaman insya Allah. Amin....

Peringatan/perayaan tahun baru Islam yang dilaksanakan di Perumahan Taman Telkomas Makassar setiap tahun, tentu bukan karena latah atau ikut-ikutan tradisi ummat beragama lain, tapi sesungguhnya didasari oleh pemahaman dan kesadaran untuk terus menyuarakan dan mendakwahkan risalah dan syiar Islam, khususnya kepada generasi muda  dan umumnya kepada seluruh ummat Islam dalam lingkup Perumahan Taman Telkomas Makassar. Perayaan Tahun Baru Islam tahun 1435 H tahun ini diharapkan mampu membangun kesadaran ummat Islam di Telkomas untuk tetap menjadikan Al Quran dan Sunnah Rasulullah SAW sebagai pedoman hidup ditengah keterpurukan ummat Islam saat ini, bukan sekedar dijadikan tradisi tahunan yang tidak memberikan kontribusi apa-apa dalam kehidupan keberagamaan kita.
Akhirnya, semoga Allah senantiasa meridhoi apa yang kita lakukan dan tetap menjadikan kita istiqomah di jalan-Nya. Kepada bapak-bapak donatur yang telah berpartisipasi dengan menyumbangkan dananya demi terselenggaranya kegiatan ini, Panitia mengucapkan banyak terima kasih dan berdoa kiranya Allah azza wajalla membalasnya dengan pahala yang setimpal. Demikian pula kepada          rekan-rekan panitia yang telah mencurahkan segenap tenaga dan pikiran demi suksesnya acara ini, sebagai ketua Panitia saya ucapkan banyak terima kasih. Allah SWT yang akan membalas semuanya.

Makassar, 5 Muharram 1435 H

PANITIA PERAYAAN TAHUN BARU ISLAM 1435 H
PERUMAHAN TAMAN TELKOMAS MAKASSAR


M. Syair, HM
Ketua




 I.         Latar Belakang

Tahun baru Islam atau biasa di sebut tahun baru hijriyah diperingati setiap tanggal 1 Muharram. Sebagian ahli sejarah berpendapat bahwa, penanggalan tahun hijriah di awali oleh Khalifah Umar Bin Khattab saat Nabi Muhammad SAW beserta sebagian pengikutnya hijrah dari Mekkah ke Madinah dan sebagian lagi berpendapat bahwa kalender hijriyah ditetapkan oleh Rasulullah SAW, wallaahu ‘alam. Peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW mempunyai makna yang penting bagi umat Islam karena perpindahan Nabi Muhammad SAW beserta sebagian pengikutnya dari Mekkah ke Madinah yang disebabkan intimidasi kaum kafir Quraisy di Mekkah menjadi tonggak sejarah dan era baru kebangkitan Islam dan awal dimulainya penyebaran ajaran tauhid ke bumi Madinah (Yastrib saat itu). Hijrah sendiri mempunyai makna yang berati perpindahan atau menyingkir ke tempat yang satu ke tempat yang lain yang lebih aman dan menjauhkan diri dari dosa.
Karena pentingnya peristiwa ini, banyak orang yang memperingati tahun baru hijriah dengan beribadah, meminta ampun atas dosa yang sudah di perbuat setahun yang lalu, berdoa diberi keselamatan dan kelapangan rezeki, atau melakukan kegiatan positif yang lainnya.
Seperti kita ketahui bersama bahwa globalisasi informasi telah membuat  teknologi berkembang dengan pesat.  Dampaknya, langsung atau tidak langsung menyebabkan menurun bahkan memudarnya pemahaman nilai-nilai agama remaja muslim kita khususnya dan ummat Islam  pada umumnya. Disadari atau tidak, hal ini akan berdampak buruk bagi ummat Islam kedepan jika tidak dilakukan pencegahan sejak dini.  Dengan dasar itulah, menjadi konsensus bersama antar pengurus masjid di Perumahan Telkomas untuk melaksanakan perayaan Tahun Baru Islam setiap tahunnya. Disamping sebagai syiar Islam, juga sebagai amar ma’ruf nahyil munkar,   karena  sesungguhnya,  adalah tanggungjawab kita semua untuk menyelamatkan generasi generasi muda Islam dan ummat Islam Telkomas dari pengaruh buruk globalisasi yang lambat laun akan mengikis habis nilai-nilai keimanan kita.
Oleh karena itu, untuk merayakan Tahun Baru Hijriah 1 muharram 1435 H di Perumahan Taman Telkomas, Panitia telah mengadakan kegiatan ceramah agama, muhasabah, gerak jalan santai dan dialog keagamaan  yang bertujuan sebagai syiar Islam dan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

II.         Dasar Kegiatan

1.      Konsensus bersama Pengurus Masjid Jami Nurul Iman Telkomas, Masjid Nurul Iman 2 Telkomas dan Masjid Nurul Iman 3 Perumahan Telkomas Makassar.
2.     Rapat gabungan Pengurus Masjid Jami, Masjid Nurul Iman 2, Masjid Nurul Iman 3 Perumahan Telkomas yang dilaksanakan Pada Tanggal 31 Oktober 2013 dengan agenda pembentukan Panitia Perayaan Tahun Baru Islam 1435 H.
3.     Surat Keputusan Bersama Gabungan Pengurus Masjid Jami, Masjid Nurul Iman 2, Masjid Nurul Iman 3 Telkomas Makassar Tanggal 31 Oktober 2013 (Terlampir).

III.      Maksud dan Tujuan

1.    Memperingati tahun baru Hijriah 1 Muharram 1434 H dengan kegiatan yang positif dan Islami.
2.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
3.    Meningkatkan syiar Islam dalam lingkup Perumahan Taman Telkomas Makassar.
4.  Menjalin tali silaturahmi sesama pengurus Masjid dan ummat Islam di Perumahan Telkomas Makassar.

IV.      Jenis, Waktu, dan Tempat Kegiatan

      Ceramah agama disampaikan oleh Ust. Muhammad Iqbal (Da’i dari Jakarta), dilaksanakan pada tanggal 4 November 2013 jam 20 : 00 Wita (selepas sholat isya (Malam Selasa) bertepatan dengan 1 Muharram 1435 H.

2.     Muhasabah, dilaksanakan setelah ceramah agama, dipimpin oleh Imam Masjid Nurul Iman 2 Telkomas        Ust.  M. Syair, HM. Berlangsung dari Jam 22.00 – 11.00 Wita (1 Muharram 1435 H).

3. Gerak jalan santai yang dilanjutkan dengan acara dengan door price, dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 5 November 2013/1 Muharram 1435 H jam 6 : 30 wita sampai selesai. Start di pelataran Masjid Jami, dengan rute keliling Perumahan Telkomas dan  finish di Masjid Jami Telkomas.

4. Dialog Keagamaan dengan topik MEMBONGKAR KEDOK SYIAH DAN PENYIMPANGANNYA TERHADAP ISLAM. Disampaikan oleh Syamsul Bahry (Wakil Ketua Pengurus Masjid Nurul Iman 2 Telkomas. Berlangsung pada hari Selasa tanggal 5 November 2013/1 Muharram 1435 H            jam 10 : 30 wita. (Foto masing-masing kegiatan terlampir)
               
V.       Tema Kegiatan

          Adapun Tema perayaan Tahun Baru Islam 1435 H adalah :

          “DENGAN SEMANGAT TAHUN BARU ISLAM 1435 H,  KITA JADIKAN  SEBAGAI  
           MOMENTUM PERUBAHAN MENUJU TERWUJUDNYA MASYARAKAT MADANI"

VI.     Susunan Panitia
          (terlampir I)

VII.    Penggunaan Anggaran
          (terlampir II)
  
VIII.   Penutup

       Demikianlah Laporan Panitia Perayaan Tahun Baru Islam 1435 H Perumahan Taman Telomas Makassar. Semoga menjadi masukan yang berharga demi kesempurnaan penyelenggaraan kegiatan serupa di waktu-waktu mendatang. Kami menyadari bahwa dalam pelaksanaannya tentu banyak ditemukan kekeliruan, kekhilafan bahkan tidak tertutup kemungkinan adanya kesalahan. Oleh karena itu, mewakili rekan-rekan Panitia saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, dan mohon diampunkan kepada Allah SWT. Karena kami sadar, sebagai manusia biasa, tidak satupun diantara kita yang luput dari salah dan dosa karena hanya Allah sajalah yang memiliki kesempurnaan itu. Kepada Allah jualah kita bertawakkal. Sekali lagi, terima kasih atas bantuan dan dukukangannya, Allah SWT yang akan membalas semuanya dengan pahala yang setimpal. Wassalam


                                                Makassar, 5 Muharram 1435 H/9 November 2013 M


PANITIA PERAYAAN TAHUN BARU ISLAM 1435 H
PERUMAHAN TAMAN TELKOMAS MAKASSAR



                                             M. Syair, HM                                 Linda Rahmadi
                                                   Ketua                                           Sekretaris


2 komentar:

  1. Kegiatan perayaan tahun baru Islam 1 Muharram perlu semakin digaungkan agar umat Islam memahami nilai-nilai hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah.

    BalasHapus
  2. KOMENTARNYA MUSYRIK SEMUA.. :d BTW, THANKS CONTOH LPJ NYA.. B)

    BalasHapus